5 Jenis Pipa yang Sering Digunakan untuk Konstruksi Bangunan

Untuk membuat sebuah bangunan, diperlukan berbagai komponen agar proses konstruksi bisa berjalan dengan lancar. Misalnya, batu bata, semen, besi, kayu, kaca, dan salah satunya pipa. Pipa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti saluran air, rangka perabot, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, selain mencari pipa, banyak juga pekerja bangunan yang mencari tempat yang jual flange sebagai alat penunjang pipa.


Jenis-Jenis Pipa Konstruksi

Pipa yang digunakan tentu saja tidak hanya satu macam. Ada beragam jenis pipa yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan konstruksi. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

  1. Pipa Galvanis

Galvanis merupakan salah satu jenis pipa yang terbuat dari seng. Pipa ini tahan terhadap korosi, sehingga sering digunakan untuk membuat pipa saluran air. Meskipun daya tahannya kuat, pipa galvanis tidak cocok digunakan untuk pemasok gas. Pipa ini hanya bisa digunakan untuk saluran air, salah satunya di area pertanian dan irigasi yang cenderung lebih banyak membutuhkan air.

 

  1. Pipa Hitam

Sesuai namanya, pipa ini berwarna hitam. Pipa hitam atau pipa baja lebih banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan rumah dan bangunan lainnya. Pipa ini memiliki ketahanan yang cukup kuat dan tahan terhadap api. Oleh karena itu, pipa hitam ini sering digunakan untuk saluran gas, saluran pembuangan, dan pipa pemanas.

 

  1. Pipa Furniture

Pipa furniture masih termasuk ke dalam varian pipa hitam atau pipa baja. Pipa yang satu ini cukup tahan lama biasa digunakan untuk kebutuhan perabotan rumah tangga seperti rangka kursi, meja, lemari, dan masih banyak lagi.

 

Dengan adanya warna hitam yang khas, pipa ini bisa menambahkan kesan artistik pada furnitur di rumah Anda. Untuk itu, sediakan juga alat sambungnya yang bisa Anda beli di tempat jual flange.

 

  1. Pipa Schedule

Pipa schedule merupakan jenis pipa panjang yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Bedanya dari jenis pipa lainnya adalah ketebalannya yang berbeda-beda. Ketebalannya ditentukan oleh masing-masing diameter di bagian luar dan dalamnya.

 

Ada tiga jenis pipa schedule yang bisa Anda gunakan, yaitu standart, extra long, dan double extra strong. Untuk membedakannya, Anda bisa melihatnya dari penomoran pada masing-masing pipa.

 

  1. Pipa Seamless

Pipa seamless merupakan jenis pipa yang tidak memiliki sambungan seperti jenis-jenis pipa pada umumnya. Jika terpaksa harus disambungkan, bagian plat pada pipa tersebut cukup dibengkokan saja menggunakan mesin rol, lalu dilas.

Kelebihan dari pipa yang satu ini adalah tahan terhadap korosi dan cukup kuat terhadap suhu tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis pipa lain.

Itulah lima jenis pipa yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Jika Anda membutuhkan flange pipa, segera cari toko yang jual flange di sekitar rumah Anda atau di toko-toko online.

Flange merupakan alat yang digunakan untuk menyambungkan antara pipa dan equipment, atau dengan instrumen lainnya. Ada lima jenis flange, yaitu flange weld neck, flange slip on, flange threaded, flange socket, dan flange blind.

Kelima jenis pipa tersebut tentu saja bisa memenuhi kebutuhan konstruksi rumah Anda bahkan untuk perusahaan sekalipun. Oleh karena itu, pesan pipa berkualitas untuk konstruksi terbaik di toko langganan Anda atau bisa memesannya secara online. Dapatkan pipa berkualitas dengan harga bersaing, sehingga kepuasan Anda bisa terpenuhi untuk sebuah konstruksi bangunan impian.

Post a Comment

0 Comments