Pentingnya Pembersih Wajah Bagi Pria


Semua pria pasti ingin tampil maksimal pada segala kesempatan, namun masalah kulit wajah sering kali mengganggu. Pembersih muka khusus pria bisa mengatasi masalah yang sering timbul pada kulit wajah pria, misalnya kulit kering, berminyak dan berjerawat. Banyak brand yang bisa menjadi pilihan, dari mulai Gatsby, Nivea, Vaseline, hingga Cetaphil. Dibanding perempuan, kulit pria lebih banyak menghasilkan sebum dengan kandungan air rendah. Hal itu mengakibatkan kulit pria sering bermasalah, seperti kulit berminyak, bahkan kulit kering.


Oleh karena itu, Anda harus membersihkan wajah Anda dengan teratur untuk menjaga kulit Anda. Seperti yang Anda ketahui, wajah berpengaruh pada kesan tampilan Anda. Kulit yang berminyak dan berjerawat pastinya bisa menampilkan kesan yang kurang menarik. Mencuci wajah dengan rutin sangat dianjurkan untuk membersihkan muka dari sebum berlebih dan debu. Ada banyak jenis pembersih muka pria yang ada di pasaran. Untuk memilih tipe pembersih yang sesuai, cocokkan dengan kondisi kulit Anda. Cek informasi pada artikel ini.

-          Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak

Berasarkan penelitian, kelenjar minyak pada kulit pria lebih banyak 2 hingga 3 kali dibandingkan wanita sehingga biasanya pria mempunyai kondisi kulit berminyak. Sebum penting untuk menjaga kulit selalu lembap. Tetapi bila jumlahnya terlalu banyak, bisa jadi Anda mengalami penyumbatan pori-pori pada kulit wajah juga semakin tinggi. Saat kulit Anda berminyak, pilih pembersih wajah yang memiliki kandungan daya pembersih tinggi.

Namun berhati-hatilah bagi pria yang mempunyai kulit kombinasi (berminyak dan kering pada beberapa bagian). Kulit yang kering juga bisa memicu kelenjar minyak menghasilkan sebum lebih banyak. Pilihlah pembersih yang pas dengan kondisi kulit, lalu pakaialh pelembap sesudah membersihkan wajah. Pembersih muka yang memiliki kandungan pembersih seperti sabun dan sabun potasium diketahui mempunyai daya pembersih lebih tinggi.

Di samping itu, kandungan hydroxy K dan natrium hidroksida, juga asam lemak, seperti palmitic acid, lauric acid dan myristic acid umumnya terletak pada bagian atas tabel komposisi bahan. Semua kandungan ini direkomendasikan sebab tergolong sabun. Bukan hanya itu, pembersih yang memiliki kandungan mentol juga disarankan bagi kondisi kulit berminyak. Bahan ini bisa membuat kulit muka Anda jadi terasa lebih segar.

-          Pembersih Wajah untuk Kulit Kering

Disebabkan kulit pria sering berminyak, pastinya kandungan air pada lapisan terluar kulit (stratum corneum) lebih sedikit. Ketika pria bercukur setiap hari, tanpa Anda sadari sebum dan rambut pada wajah juga ikut rontok. Oleh sebab itu, tidak jarang pria mengeluh mengenai masalah kulit kering, khususnya pada bagian garis rahang atau yang sering disebut dengan U zone. Bagi Anda yang mempunyai kulit kering, pilih pembersih wajah yang memiliki kandungan agen pelembap.

Sesudah pembersihan wajah, jangan sampai lupa memakai lotion pelembap atau emulsion untuk menghindari kering yang lebih parah. Biasanya, kandungan pembersih pada dalam produk dengan bahan dasar asam amino dan amphoteric surfactant lebih lembut. ocoamphoacetate Na (amphoteric surfactant) dan Lauroyl methyl alanine Na (asam amino) umum ditemukan pada pembersih wajah dengan bahan dasar asam amino dan amphoteric surfactant. Periksa apakah bahan-bahan itu terkandung dalam produk pilihan Anda.

Jika bahan disarankan di atas belum cukup, pilih pembersih muka dengan kandungan detergen dengan bahan dasar carboxylic acid seperti sodium laureth-6 carboxylate. Saat memilih pembersih muka, periksa kandungan pelembap di dalamnya. Cairan pembersih muka bisa menghilang sesudah dibersihkan dengan air. Tetapi bahan pelembap di dalamnya bisa mengunci kelembapan pada kulit Anda sesudah mencuci muka. Teliti apakah pembersih Anda memiliki kandungan bahan-bahan pelembap seperti di bawah ini:

·         Ceramide
·         Asam amino
·         PCA.Na

Di samping itu, bahan anti inflamasi misalnya allantoin, yang umumnya terkandung pada pembersih muka jenis medicated, juga sesuai untuk kulit sensitif dan kulit kering.

-          Pembersih Wajah untuk Kulit Berjerawat

Untuk Anda yang sulit menghilangkan jerawat, pakailah pembersih muka yang sanggup mengatasi jerawat. Pembersih wajah dengan tipe medicated yang memiliki kandungan dipotassium glycyrrhizinate akan sanggup mengatasi inflamasi. Lalu pembersih muka dengan kandungan salicylic acid juga disarankan untuk perawatan kulit berjerawat sebab bersifat antibakteri.

Hilangkan sebum yang berlebih pada wajah Anda dengan produk yang memiliki kandungan agen pembersih, lalu pakai pelembap sesudah mencuci muka. Bila Anda hanya memakai produk pembersih wajah saja tanpa memakai pelembap setelahnya, kulit Anda dapat menjadi kering. Keadaan kulit kering bisa memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum. Hal ini yang bisa membuat kondisi kulit berjerawat semakin parah.

Pria mempunyai lebih banyak kelenjar minyak daripada wanita. Oleh sebab itu, kulit wajah Anda juga membutuhkan perhatian ekstra dan harus dibersihkan setiap hari. Pilih pembersih wajah yang pas dengan tipe kulit Anda. Jadikan artikel ini sebagai referensi supaya Anda tidak lagi bingung dalam memilih pembersih wajah.

Post a Comment

0 Comments