Pentingnya 8 Ahad Pertama Kehamilan

 Saat terbaik untuk mulai memikirkan gizi yang baik sebetulnya yaitu sebelum merencanakan Pentingnya 8 Minggu Pertama Kehamilan
Saat terbaik untuk mulai memikirkan gizi yang baik sebetulnya yaitu sebelum merencanakan kehamilan. Pasalnya aneka macam perkembangan organ penting pada janin terjadi di awal-awal kehamilan, bahkan mungkin sebelum seorang perempuan menyadari dirinya hamil.

Pada delapan ahad pertama kehamilan, akan terjadi pertumbuhan embrio yang sangat cepat. Pada periode itu disebut juga dengan masa development plasticity (plastisitas perkembangan). Pada masa ini janin akan menyesuaikan tumbuh kembangnya sesuai dengan asupan gizi yang diterima dari tubuh ibunya.

Para peneliti menjelaskan development plasticity sebagai respon gen terhadap kondisi lingkungan yang berbeda selama fase perkembangan janin. "Bila gen tersebut tidak didukung asupan gizi yang cukup, besar kemungkinan gen tidak sanggup terekspresi," kata Endang L.Achmadi dari Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Di delapan ahad pertama kehidupannya, janin akan beradaptasi pada asupan gizi. Perubahan ini, berdasarkan Endang, bersifat permanen dan menghipnotis proses tumbuh kembang bayi di masa mendatang.  Bila asupan nutrisi sedikit, maka bayi akan tumbuh kecil dengan berat bedan rendah.

"Asupan nutrisi yang terbatas menyebabkan bayi mengurangi porsi pertumbuhan sel-sel tertentu dan memusatkan hanya pada organ penting saja, contohnya jantung," katanya.

Development plasticity tak hanya bereaksi pada gizi kurang, tapi juga gizi berlebih. Pada bayi yang lahir dengan kondisi kelebihan gizi dengan berat tubuh besar akan memicu terjadinya penyakit yang sanggup diwariskan lintas generasi, contohnya diabetes. Sementara berat tubuh yang relatif rendah juga menggiring pada kemungkinan menderita penyakit degeneratif, contohnya gagal jantung dan gangguan kecerdasan. Berat tubuh ideal bayi ketika lahir berdasarkan Endang yaitu 3.000 gram.

Respon janin ini menuntut ibu melindungi bayi dengan maksimal. “Development plasticity ini menjadi kunci memutus imbas gizi buruk. Kalau di delapan ahad pertama kehidupannya janin menerima asupan maksimal, maka tumbuh kembang saraf dan tubuhnya sanggup lebih optimal,” kata Endang.

Post a Comment

0 Comments