Makanan Yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Makanan yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh Makanan yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Cuaca yang tidak menentu seringkali menciptakan daya tahan badan menurun dan terjangkit penyakit. Jangan dulu meminum tablet vitamin atau embel-embel badan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Dikutip dari Times of India, cara terbaik untuk meningkatkan imunitas badan ialah dengan mengonsumsi banyak sekali masakan penuh nutrisi penting. Apa saja?

1. Bawang Putih
Selama berabad-abad, bawang putih telah menjadi komponen penting pada hampir setiap resep makanan. Namun, pengaruh menguntungkan bawang putih tidak hanya menambah rasa pada makanan. Kerabat akrab bawang-bawangan ini telah usang dipakai sebagai penguat imunitas lantaran kandungan nutrisinya, anti-jamur dan antiseptik. Penelitian menunjukkan, jikalau dimakan mentah, bawang putih bisa memperlihatkan pertolongan terhadap penyakit pilek, batuk dan abses pada dada. Ini dikarenakan bawang putih merupakan sumber tinggi vitamin (C, B1, dan B6), mineral (fosfat dan zat besi) dan sulfoksida yang dikenal akan kemampuan antibakterinya.

2. Ikan
Asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan terutama pada ikan maritim menyerupai salmon, tuna dan makarel ialah penguat imunitas penting yang membantu menjaga kebugaran badan secara keseluruhan. Disarankan bagi anak Anda untuk mengkonsumsi setidaknya tiga ons salmon tiga kali dalam seminggu. Makanan yang kaya asam lemak tak jenuh ini, meningkatkan acara fagosit atau sel darah putih yang menghancurkan kuman berbahaya yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh ini juga memperlihatkan pertolongan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh reaksi berlebih terhadap infeksi.

3. Buah dan Sayuran
Pola makan dengan banyak buah dan sayuran merupakan cara hebat lain untuk melawan setiap kondisi yang berafiliasi dengan respon menurunnya sistem imun. Alasan utama ialah lantaran buah dan sayuran mempunyai kandungan tinggi nutrisi penguat imunitas menyerupai vitamin C dan bioflavenoids. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih pencegah abses dan antibodi. Kandungan ini mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) sehingga menurunkan risiko terjangkit penyakit cardiovaskular. Selain itu, kandungan phytonutrient melindungi sel badan dari sejumlah polutan badan berbahaya.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian sangat bermanfaat bagi fungsi jantung sehat, kandungan berharga vitamin E yang dimilikinya membantu meningkatkan respon imun. Mekanisme utamanya ialah dengan menstimulasi produksi sel pembunuh alami yang bisa menghilangkan sel kuman berbahaya dan sel kanker di dalam tubuh. Tergantung gaya hidup seseorang, takaran harian nutrisi yang diperlukan mungkin berbeda-beda. Orang dengan gaya hidup pasif dan tingginya tingkat konsumsi alkohol akan membutuhkan lebih dari 100-400 miligram sehari.

5. Gandum Utuh
Beras merah, oats, barley (jelai), dan jenis gandum utuh lainnya tinggi akan kandungan serat, protein, dan antioksidan. Faktanya, banyak jago gizi menyatakan bahwa gandum utuh memberi lebih banyak kandungan gizi penting dibandingkan beras olahan menyerupai tepung terigu. Oleh lantaran itu, disarankan untuk mengganti konsumsi segala bentuk beras olahan dengan gandum utuh untuk meningkatkan tingkat kekebalan badan kita.

Post a Comment

0 Comments