5 Jenis Stres Yang Perlu Anda Tahu

 Stres sering kali diidentikkan dengan emosi negatif yang berakibat jelek bagi kesehatan 5 Jenis Stres yang Perlu Anda Tahu
Stres sering kali diidentikkan dengan emosi negatif yang berakibat jelek bagi kesehatan. Namun, stres ternyata tidak selamanya buruk. Ada pula stres yang mempunyai manfaat baik.

Berikut ini yakni beberapa jenis stres yang perlu Anda kenali.

1. Stres baik
Stres tidak hanya dipicu sepenuhnya oleh pengalaman negatif. Bahkan, pengalaman positif juga sanggup membawa stres, menyerupai upacara kelulusan atau pernikahan. Namun, tipe stres menyerupai ini dalam takaran kecil sesungguhnya baik untuk sistem imun kita. Selain itu, tipe stres ini juga sanggup membuat banyak orang lebih gampang untuk membuat tujuan dan menikmati proses mencapainya dengan penuh energi.

2. Distres internal
Ini yakni tipe stres yang buruk. Distres merupakan tipe stres negatif hasil dari pengalaman buruk, ancaman, atau perubahan situasi yang tidak terduga dan tidak nyaman. Pada dasarnya, badan kita menginginkan rasa kondusif sehingga apabila rasa tersebut terusik, badan pun mengalami distres.

3. Distres akut

Distres akut terjadi dikala seseorang mengalami distres yang dipicu oleh bencana jelek yang berlalu dengan cepat. Sementara stres kronik terjadi dikala seseorang harus menahan stres dalam waktu yang lama. Kedua tipe stres tadi akan memicu timbulnya hiperstres.

4. Hipostres
Ternyata hari-hari tanpa kekhawatiran dan tantangan juga sanggup memicu tipe stres lainnya, yaitu hipostres. Hipostres merupakan "ketidakadaan" stres, tetapi sanggup juga diartikan kebosanan yang ekstrem. Seseorang yang mengalami hipostres mungkin merasa tidak tertantang, tidak mempunyai motivasi untuk melaksanakan apa pun. Hipostres sanggup memicu perasaan depresi dan kesia-siaan.

5. Eustres
Eustres merupakan stres yang sangat berkhasiat karena sanggup membuat badan menjadi lebih waspada. Eustres membuat badan dan pikiran menjadi siap untuk menghadapi banyak tantangan, bahkan sanggup tanpa disadari. Tipe stres ini sanggup membantu memberi kekuatan dan memilih keputusan, misalnya menemukan solusi untuk masalah.

Post a Comment

0 Comments